Senin, 22 Februari 2010

Tutorial Cara Menginstal Java Development Kit (JDK)

      Sejarah Java
Java dici0ptakan  oleh James Gosling dan Patrick Naughton dalam suatu projek dari Sun Microsystem. Pada mulanya ingin diberi nama OAK dari pohon yang terdapat pada kantor James Gosling tetapi kata OAK telah ada pada Sun Microsystem, maka diberi nama Java (dari inspirasi minuman kopi). Browser pertama yang dapat membaca Java adalah Hot Java. Java semakin populer setelah browser Netscape dari perusahaan Netscape Navigator dan Internet Explorer dari perusahaan Microsoft Inc dapat membaca script nya. Teknologi Java pun mulai banyak diadopsi oleh vendor-vendor lain seperti IBM, Oracle, Symantec, Inprise (dahulu adalah Borland Inc.), dan perusahaan-perusahaan mobile seperti Nokia, Siemens, Sony Ericsson, Motorola, dan Samsung. (Yuniar,2009:1).


  Installasi Java Development Kit (JDK)
Berikut adalah cara menginstall JDK, pada proses penginstallan ini saya menggunakan JDK 6 Update 11.  Langkah-langkah penginstallannya adalah sebagai berikut :
1.       Untuk memulai penginstallan klik dua kali pada ikon installer JDK yang anda miliki. Jika belum mempunyai installer JDK silakan download di http://java.sun.com/javase/downloads/widget/jdk6.jsp untuk JDK 6 Update 18.
 

2. Klik tombol Accept pada Licese Agreement 
  
3. Klik tombol Next
 
4. Tunggu proses installasi selesai
 
5.      Ketika proses installasi sedang berlangsung, akan muncul destination folder, kemudian klik Next.
  
6.       Sebagai akhir dari proses installasi klik tombol Finish
 
7.    Proses installasi pun selesai. Untuk mengecek hasil installasi yang tadi dilakukan, buka Command Promt (klik start, ketik CMD pada kotak search) kemudian ketikkan java. Jika installasi berhasil maka tampilannya akan seperti gambar dibawah.  
  
      Konfigurasi Path
Jika ketika mengetikkan javac pada Command Prompt muncul seperti gambar dibawah, itu berarti konfigurasi path tidak diset dengan benar, sehingga program java tidak bisa dijalankan dengan baik.
 
Agar program java bisa dijalankan dengan baik, perlu mengedit konfigurasi path pada sistem operasi. Adapun langkah untuk mengedit konfigurasi path tersebut adalah sebagai berikut:
1.       Tekan windows+pause break pada keyboard, lalu akan muncul jendela baru kemudian klik Advanced system setting.
2.        Klik tombol Environtment Variables.. dan jendela baru pun akan muncul.
 
3.    Jika pada bagian atas sudah terdapat PATH yang mengarah ke folder bin dalam JDK, berarti konfigurasi sudah benar. Tapi, jika tidak Klik tombol New
 
4.       Masukkan nama variable dan alamat folder bin dari JDK yang terinstall pada komputer. Misalnya nama variable:PATH dan alamat folder : C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_11\bin\       
 
5.       Kemudian buka Command Prompt dan kettikkan echo %path% untuk melihat konfigurasi yang baru. Maka hasilnya adalah:
 
6.       Ketikkan java –version pada Command Prompt untuk melihat versi java yang aktif
 
7.       Langkah yang terakhir adalah mengetikkan javac pada Command Prompt. Jika tampilannya seperti gambar dibawah maka konfigurasi path telah berhasil.
 
Selesai, Mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat khususnya bagi saya sendiri dan umumnya bagi siapapun yang membacanya. amiin..

5 komentar:

liveniping mengatakan...

Makasih ya gan! Ane kemaren sempet lupa untuk membuat pathnya disebelah mana,.. Thanks!

Rhendhi mengatakan...

Sama2 gan :)

Saito mengatakan...

ane juga udah instal gan.
makasih ya inponya

viewhot mengatakan...

tp gak bisa bbman ya??

Irfan Maulana mengatakan...

IZIN SEDOT BUAT DIPASANG DIBLOG SAYA..
tenang sumber dicantumkan

thanks