Jumat, 19 Februari 2010

Antara Wordpress dan Blogger

Alhamdulillaah pada kesempatan ini saya bisa menulis lagi pada blog pertama saya ini.. Selain blog ini juga saya mempunyai sebuah blog di wordpress (rhendhi.wordpress.com) dan saya lebih sering mengupdate blog wordpress saya. Hampir satu tahun saya tidak mengakses blog ini, karena saya sempat lupa username, email dan passwordnya. dan alhamdulillaah setelah mengingat-ingat dengan begitu keras dan merunutkan semua account email yang pernah saya buat serta password yang biasa saya gunakan, akhirnya saya pun bisa kembali mengakses blog ini.

Hal pertama yang saya lakukan setelah kepergian yang begitu lama adalah mengganti template nya.. Setelah mengganti template kemudian saya berusaha memindahkan (mengeksport) semua postingan saya yang berada di rhendhi.wordpress.com ke blog ini. Untuk tutorial eksport postingan dari wordpress ke blogger InsyaAlloh akan saya jelaskan pada postingan berikutnya.

Dengan mengelola dua buah blog yang berbeda sekaligus (wordpress dan blogger) akan merasakan kelebihan dan kekurangan dari kedua penyedia blog berbeda tersebut. Menurut saya, wordpress.com sangat cocok digunakan untuk isi-isi yang profesional, bukan untuk komersil.Saya pernah mencantumkan link-link affiliasi dan link-link referral, al-hasil blog saya disuspend oleh wordpress. walaupun sebenarnya kita masih berkesempatan untuk mengembalikan blog yang telah disuspend tersebut. Berbeda dengan wordpress yang di install di hosting sendiri. wordpress yang di install di hosting sendiri justru lebih menarik dan kumplit karena kita bisa menambah themes dan plugins bahkan membuatnya sendiri. Selain itu, berbeda dengan wordpress gratisan (wordpress.com), wordpress yang diinstal pada hosting sendiri berpeluang untuk dijadikan web komersil seperti dijadikan web reseller, dan web iklan baris. Sedangkan blogger mempunyai kelebihan di bidang komersil. blogger mengizinkan pemilik blog untuk memasangkan google adsense dengan tujuan komersil, tidak seperti wordpress.com

Itulah yang saya ketahui dan saya dapatkan setelah mencoba mengelola dua blog sekaligus (wordpress.com dan blogger.com)

Tidak ada komentar: