Selasa, 16 Februari 2010

RUU Nikah Siri (Nikah Siri Dipidana???)

RUU nikah siri mungkin sudah lama di rancang,  sehingga tadi (16 Februari 2010), di TV1 dalam acara Apa Kabar Indonesia Malam (Kalo ga salah) saya melihat boleh dibilang perdebatan atau pro dan kontra mengenai RUU Nikah Siri. Acara tersebut dihadiri oleh seorang perwakilan dari MUI, dua orang perempuan (salah satunya artis), dan seorang laki-laki yang pro terhadap RUU tersebut (Namanya+jabatannya saya ga tau, maklum baru liat sekarang.hehe..).  Orang yang pro terhadap RUU tersebut mengatakan salahsatu alasan dirancangnya RUU Nikah Siri. Salah satu alasannya katanya adalah di Indonesia ini sudah banyak sekali kasus perceraian (yg saya tangkap, orang itu secara tidak langsung mengatakan banyaknya kasus perceraian tersebut penyebabnya adalah nikah siri).  Kalau tidak salah jumlah kasus perceraiannya pun disebutkan (kalo ga salah lho..). Namun, alasan tersebut langsung ditanggapi oleh bapak perwakilan dari MUI (Wajah tau alias ga asing tapi namanya saya lupa.hehe..). Beliau mengatakan bagaimana bapak bisa mengatakan dan tahu meningkatnya jumlah perceraian disebabkan karena nikah siri sedangkan  NIKAH SIRI TIDAK TERCATAT DI PEMERINTAH. Melihat dan mendengar tanggapan tersebut saya pun "tersenyum".. Silakan teman-teman tanggapi sendiri tentang hal tersebut..

Mendengar adanya RUU Nikah Siri ini saya merasa sedih. Menurut pengetahuan saya, dalam Islam nikah siri itu HALAL selama syarat nikah dan rukun nikahnya terpenuhi. Itu adalah Hukum Alloh, Hukum Tuhan .. Sedangkan dengan adanya RUU Nikah Siri ini saya rasa sudah tidak mengacu kepada Hukum Tuhan. HUKUM MANUSIA ITU HARUS MENGACU PADA HUKUM TUHAN..

Bagi yang belum tahu tentang Nikah Siri, Nikah Siri adalah pernikahan yang tidak dicatat di pemerintahan. Menurut RUU tersebut, orang yang nikah siri akan dipidana.

Tidak ada komentar: