Jumat, 19 November 2010

Cara Menginstall Yii Framework Pada XAMPP di Windows 7

Langsung saja, untuk menginstall Yii Framework pada XAMPP di Windows 7 ikuti langgkah-langkah berikut ini. Namun sebelum menginstal, saya menggunakan XAMPP versi 1.7.3 dan menggunakan Yii versi 1.15. Saya menginstall XAMPP di C:\. Untuk mendownload yii versi terbaru silakan kunjungi situs resminya di http://www.yiiframework.com/download/ download file yg berekstensi zip. setelah itu:
- extrack file hasil download tersebut kemudian copy ke C:\xampp dan rename dengan yii
- buat folder baru dengan nama testyii pada folder htdocs (C:\xampp\htdocs)
- buka CMD dengan cara mengetikan tulisan CMD pada kotak isian search, setelah muncul icon CMD kemudian klik kanan pada icon tersebut dan pilih run as administrator.
- Setelah masuk pada tampilan CMD, ketik cd C:\xampp\php kemudian tekan enter ( lihat gambar dibawah ini)



-Kemdudian ketik: php.exeC:\ xampp\Yii\framework\yiic webapp C:\xampp\htdocs\testyii tekan enter. kemudian akan muncul tulisan
Create a Web application under'C:\xampp\htdocs\testyii'? [Yes|No] yes
kemudian tekan enter lagi. (perhatikan gambar dibawah ini)


- Jika sudah muncul seperti tampilan gambar diatas, tutup CMD.
- Kemudian aktifkan xampp control panel ( C:\xampp\xampp-control.exe) kemudian klik start pada Apache dan Mysql
- ketik pada browser http:/localhost/testyii/
- Selamat, yiiframework sudah terinstall

20 komentar:

eoshi_ma mengatakan...

thanks atas infony,..sangat bermanfaat bgt,...

Admin mengatakan...

sama2.. semoga membantu :)

Anonim mengatakan...

terima kasih tutornya sangat pas buat sy dari pada dari website resminya.

Admin mengatakan...

@anonim: sama2.. semoga bermanfaat..

hamdan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
hamdan mengatakan...

maksih infonya sangat berguna wat newbie kaya saya yang lagi dalam tahap belajar..

Fajar Creative mengatakan...

sewaktu mengeksekusi dengan mengetikkan
php.exe C:\ xampp\Yii\framework\yiic webapp C:\xampp\htdocs\testyii tekan enter tidak jalan, tp setelah saya rubah menjadi php.exe C:\ xampp\htdocs\Yii\framework\yiic webapp C:\xampp\htdocs\testyii tekan enter baru bisa terinstal.
terimakasih tutorialnya, saya menemukan instalasi yii disini...

Admin mengatakan...

Berarti agan extrak file zip nya di dalem htdocs. tp syukur deh klo dah bisa. smoga bermanfaat :)

phohan mengatakan...

thx...membantu sekali....dari 5x gagal...akhirnya berhasil juga..setelah buka blognya agan...hohohoho

elruinnou mengatakan...

nah ini baru berhasil, mantappp mavrooo.. :)

imronims mengatakan...

om izin copas artikel ny ya....... ane mw share buat catatan ane juga.....

dannystrezz mengatakan...

om saya kok pas ngetik php.exe C:\ xampp\Yii\framework\yiic webapp C:\xampp\htdocs\testyii trus enter langsung could not open iaaa.?

agung mengatakan...

mantaps gan trims

izaR mengatakan...

tutorial yang sangat membantu saya. terima kasih. simple & easy to understand, more over it's on bahasa.

PandaOrange^ mengatakan...

makasi ya :D .,jelas dan mudah diikuti :D

Alamat mengatakan...

maturnuwun bos, lagi belajar :D

Unknown mengatakan...

wah keren mas pke cara anda bisa install yii saya :D

kuyen kuyasakti mengatakan...

makasih gan semoga jadi amal baik tutorialnya

Dawud Tan mengatakan...

permisi gan, saya ada sedikit tulisan mengenai protokol websocket menggunakan php berikut gan: http://datacomlink.blogspot.co.id/2015/11/script-php-websocket-rfc-6455-server.html ditunggu feedback-nya ya gan, semoga menambah wawasan bersama.. terima kasih gan..

Unknown mengatakan...

thanks bangat ia bro