Senin, 18 Oktober 2010

Memperbaiki Modus Standby, Sleep Lenovo G460


Sekitar bulan Maret lalu saya beli laptop baru, berhubung laptop saya yg lama ilang digondol maling. Tapi sudahlah, saya males buat ngungkitnya lagi. Intinya saya beli Laptop Lenovo G460, karena sesuai dengan budget saya dan spec nya juga sangat bagus (pada waktu itu). Tapi setelah beberapa hari dipakai saya baru sadar kalo ada masalah pada laptop saya ini yaitu setiap kali mode sleep nya aktif, layarnya ga bisa kembali normal dan untuk itu perlu mematikan laptop secara paksa dengan menekan tombol powernya. Padahal biasanya kan kalo seperti itu kita tinggal tekan sembarang tombol atau sentuh touchpad nya maka layar akan kembali normal tapi tidak demikian dengan laptop saya ini. Setelah googling mencari sebab dan solusinya ternyata belum ada yg pernah mengalami hal yg seperti saya alami itu. Berhubung laptopnya juga baru keluar di pasar Indonesi.hehe.. Tapi ada yg bilang katanya masalahnya terletak pada software. Mendengar hal seperti itu saya pasrahkan saja, yg tadinya saya mau bawa kembali ke tempat saya beli tu laptop. Akhirnya saya atur settingannya supaya laptop saya tidak mengaktifkan mode sleep nya.

Setelah beberapa bulan kemudian, tepatnya bulan ini (Oktober 2010), saya iseng-iseng mengetikan kata "Lenovo G460" di google dan alhasil yang majang di page one serta urutan teratas pada saat itu adalah http://blog.fastncheap.com/lenovo-g460/ di situs tersebut membahas/meriview tentang Lenovo G460. Kemudian saya baca riview nya dan saya juga baca semua komentar-komentarnya (rajin banget ya,, ga kayak baca text book bawaannya males.hehe). Dari semua komentar yg saya baca, saya menyimpulkan bahwa pada Lenovo G460 ini masih terdapat bugs diantaranya adalah pada mode sleep (seperti yg saya alami) dan pada kamera (saya juga mengalaminya T-T). Hampir semua yg komentar mempunyai masalah seperti yg saya simpulkan itu.

Alhamdulillaah, usaha saya membaca semua komentar itu membuahkan hasil yg memuaskan dan membahagiakan. Saya mendapatkan solusi untuk memperbaiki bugs tersebut (bugs mode sleep). Solusinya adalah dengan cara mengupdate bios ke versi yg terbaru. Tapi ingat, untuk mengupdate bios kita harus sangat hati-hati. Jangan sampai komputer mati ketika proses update sedang berlangsung. Hal tersebut bisa menyebabkan proses update bios gagal. Dan gagalnya proses update bios dapat mengakibatkan laptop kita mati total (kanya lho..)

Alhamdulillaah proses update bios saya sukses dan kini laptop saya sudah normal (tinggal ngebenerin kamera)..

Disini saya tidak mengajarkan bagaimana caranya mengupdate bios, karena hal tersebut sudah disediakan pada saat kita mendownload bios versi terbaru. Oleh karena itu jangan sampi lupa untuk mendownload juga cara update nya. Tapi jangan khawatir, buat teman-teman yg senasib dengan laptop saya bisa mendownload bios versi terbaru di http://consumersupport.lenovo.com/id/en/DriversDownLoads/Drivers.html disana kita juga bisa mendownload berbagai macam driver yg kita butuhkan untuk Lenovo kita.

4 komentar:

alam mengatakan...

cara update biosnya gmna ya om?

Admin mengatakan...

Coba buka link ini gan, untuk update bios Lenovo G460 OS Windows 7 32 bit.
http://consumersupport.lenovo.com/id/en/DriversDownLoads/drivers_show_3032.html Kemudian klik Installation instructions yang ada dipaling bawah.
semoga membantu..

Unknown mengatakan...

biosnya dimana download boss?

Admin mengatakan...

@rendy praditya: Link downloadnya ada di artikelmas.. barusan saya coba masih valid. di komen atas juga ada.. tapi sebaiknya dibaca dulu artikelnya, karena ada beberapa risiko :)