Senin, 10 Januari 2011

Memperbaiki Warning: session_start() [function.session-start]:

Alhamdulillaah, setelah hampir satu minggu menghadapi masalah pada halaman web yang saya bikin tepatnya pada fungsionalitas login akhirnya pada hari ini masalah tersebut bisa diselesaikan juga. Coba dari dulu ada koneksi internet, mungkin masalah ini bisa diselesaikan dari dulu :) (ceritanya dulu saya belum bayar internetnya). Yuk langsungh saja, sebenarnya masalah ini bukan masalah yang rumit tapi sangat fatal sekali. pada saat saya membuat fungsionalitas login untuk web yang saya buat, ketika membuka halaman yang diproteksi dengan password (untuk mengakses halaman tersebut harus login terlebih dahulu) tiba-tiba yang muncul itu adalah sebuah pesan peringatan seperti ini : Warning: session_start() [function.session-start]: Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at C:\xampp\htdocs\root\...... yang intinya adalah ada kesalahan pada file cek.php yang saya buat. Isi file cek.php tersebut adalah seperti ini:



Dari file cek.php tersebut menimbulkan sebuah pesan seperti ini : Warning: session_start() [function.session-start]: Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at C:\xampp\htdocs\root\...... dan ternyata kesalahan hanya terdapat pada penulisan saja. Yaitu sebelum tag php terdapat karakter kosong (pada gambar diatas tag php dimulai pada baris ke 2) untuk mengatasi masalah tersebut, maka hilangkan semua karakter yang ada sebelum tag php. Intinya, fungsi session_start() harus diletakan paling atas sehingga isi dari file cek.php menjadi seperti ini:




Alhamdulillah, sekarang masalah tersebut sudah teratasi..

Jadi, kesimpulannya adalah:
Jika muncul pesan

"Warning: session_start() [function.session-start]: Cannot send session cache limiter - headers already sent"

Hal yang perlu dilakukan adalah menghilangkan semua karakter yang terletak sebelum tag php

44 komentar:

sugik mengatakan...

wah makasih banget mas .... aku waktu ngerjain project webku masalah ini bingung banget gimana cara mengatasinya ... browsing kesana kesini gak dapet2 tapi setelah saya nemu blog mas , saya bisa dan masalah saya sudah bisa diatasi ....

thanks ya mas ... berguna banget bagi saya

salam kenal mas dari sugik .....
blog.beswandjarum.com/ahmadsugiarto

jangan lupa berkunjung ke blog ku ya mas hehe

Anonim mengatakan...

wah mantab lah solusinya..
saya udah ngoprek & browsing berhari2 ga dapet rasanya puas banget masalahnya bisa terpecahkan...

Admin mengatakan...

@all:Sama2, saya ikut senang bisa membantu memecahkan masalahnya. buat mas Sugik salam kenal jg :)

Anonim mengatakan...

tengkyu banget mas...

masalah ini membuat puyeng kepalaku, terima kasih artikelnya dan sudah terpecahkan solusinya .

tengkyu..tengkyu...tengkyu 1000X

Admin mengatakan...

Sama2 mas..
Senang bisa membantu :)

Samsul Bahri mengatakan...

Blm ngrti

arieono mengatakan...

Oke Thanks ya...malam2 udah dibantu oleh tulisan Anda

Ofik mengatakan...

makasih gan..berguna bgt...
skli lagi makasih

Achicha Wahyunani mengatakan...

kog tetep ga bisa ya>??padahal sudah ga ada celah sebelum <?php
apakah ada eror yang lain?

BelanjaJersey Blog mengatakan...

wah, mantab banget ni mas.. kebetulan ane lagi skripsi nih, 2 hari lagi seminar. dan masalah ane yang paling bikin kepala botak ya ini. ane udah muter-muter atas-bawah codding dari program ane,, pas login sukses sih sukses, tapi sebelum masuk ke menu member itu ada tulisan "Warning ....", pas ane buka blog ini, ane coba saran dari mas, ternyata sukses. gak nongol lagi tuh si Warning :D .

Thanks banget mas :)

BelanjaJersey Blog mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

makasih , saya sangat terbantu

amy sidra mengatakan...

wa betul sekali, ternyata sesederha itu. makasi banget. akhirnya aplikasi saya berjalan normal

Anonim mengatakan...

trims atas bantuannya!

Vicky SIK mengatakan...

Thanks

Anonim mengatakan...

nice....

Anonim mengatakan...

makasih banget mas....
project gw masalahnya kek itu juga, cuman masalah karakter ternyata...

Djiextray mengatakan...

wah bener gan ... makasih gan ... web ane jadi bisa lagi ....
padahal di localhost bisa,, tapi di upload di hosting jadi error gitu ... hahha

Pram mengatakan...

makasih bgt mas.. menolong banget,
moga dapat pahala atas pmbagian ilmunya mas :)

abcdefghaniv mengatakan...

punya ane kok ga ngefek ya pak?

padahal uda kuhapus smua jarak antara <?php

abis tag php langsung session_start();

tetep aja masi muncul pesan warning..


gimana solusinya pak?

jufan mengatakan...

sudah saya coba dan berhasil, trimakasih ....

Tas Branded mengatakan...

thanks banget mas, barusan mengalami kendala yg sama

Anonim mengatakan...

Terima kasih kang , sangat membantu . Nambah wawasan ini , ternyata session start ga nerima di simpen ditengah , jadi pengennya diatas yah :D

Alfiyyah mengatakan...

mantap banget tipsnya...
ngebantu banget buat benahin web...
trims gan!

kkdd Blog

Anonim mengatakan...

makasih mas ^_^

Anonim mengatakan...

Makasih banget gan sangat membantu

Anonim mengatakan...

makasih mas....sangat membantu

Anonim mengatakan...

wkwkwk gitu aja pada kagak tau
emang php bahasa untuk para orang awam :p

Anonim mengatakan...

ternyata ada komentar begini juga gak boleh >.<

thanks(y)

ma al hidayah mengatakan...

<a href="http://www.labkomaalhidayah.site.my.id>ma al hidayah </a><br>
Sederhana, kalau nda tau ya jadi rumit. yang penting, semangat mencari pengetahuan. Tetap semangat!!!

Anonim mengatakan...

simple tapi mantaaaap ah alopyuuu

Aris Saryanto mengatakan...

Terima Kasih Gan , Sangat Berguna :-)

slamet_triyanto mengatakan...

matur nuwun mas

Unknown mengatakan...

Hahaha... ternyata cuma itu masalahnya.

makasih banyak mas, hampir aj semalam gk tidur gara2 masalah ini..

miqdar mengatakan...

mas rendi, web saya sudah saya sdh coba dgn cara tsb tapi warning tetap muncul knp yah?
apa ada faktor yg lainnya?
trims

sugiarto mengatakan...

trims mas

Nazuafree mengatakan...

sedikit membantu, terimakasih

republigo mengatakan...

Mantab abang. ini yang saya cari. wkwk . terimakasih, dan ijin untuk reshare ya bang :D
sangat membantu sekali :D terimakasih.

Gee mengatakan...

Sudah ane coba, sepertinya permasalah session ini memiliki banyak macam kendala seperti yang diatas hanya dengan menghilangkan tag code diantara <?php dengan sessionnya. tapi bagaimana dengan yang semula berjalan dengan baik, lalu tiba2 muncul errror

Mohon jika ada masukkan lain

Gestia mengatakan...

Hal yang sepele tapi sangat bermanfaat hehe. thank you mas. mampir-mampir ke blog aku juga yaa

http://sugestiku.blogspot.co.id/

Kikyo mengatakan...

yes, bisa! Makasih yaa..

Unknown mengatakan...

Thanks gan, uda dead line akhirnya bisa juga..

Unknown mengatakan...

ya allah kenapa saya mmasih belom bisa ya padahasl cara sudah saya gunakan

Unknown mengatakan...

Makasih gan, sangat bermanfaat