Selasa, 28 April 2009

Network... Oh.. Network, Untuk Apa Dirimu Berada...

Sebelum mengetahui fungsi network, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu network. Network atau jaringan adalah suatu cara menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan menggunakan kabel dan network card, serta dikontrol melalui network operating system. Para user dapat saling bertukar data atau program, serta dapat menggunakan data atau program itu bersama-sama dalam waktu yang sama. Jika salah satu komputer mengalami gangguan, tugasnya dapat diambil alih oleh komputer lainnya.


Nah, setelah mengetahui apa itu network kita bisa mengetahui apa fungsi dari network itu sendiri. Tujuan membuat network adalah untuk membagi (sharing) data dan informasi serta memakai hardware dan software secara bersamaan oleh lebih dari satu user. Pemakaian hardware dan software secara bersamaan dilakukan karena mahalnya harga software dan hardware yang akan kita gunakan tersebut. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut digunakan lah network sehingga hardware dan software yang akan digunakan hanya cikup disimpan pada sebuah komputer yang menjadi servernya saja. Dengan demikian, semua komputer yang terhubung dalam network tersebut dapat bersama-sama memanfaatkan software dan hardware tersebut.


Jadi, dapat disimpulkan bahwa fungsi dari network adalah untuk membagi data  dan informasi bahkan tidak hanya itu saja. Dengan menggunakan network, kita dapat menggunakan hardware dan software secara bersamaan oleh lebih dari satu user sehingga dapat mengurangi pengeluaran untuk membeli sebuah hardware atau software.

Tidak ada komentar: